var id = "250e8d52ff4ae87182222d80eae4560e03e13118"; class="post-template-default single single-post postid-41 single-format-standard no-slider content-r" layout='2'>

100 Pelaku Ukm Di Jakut Ikuti Pelatihan Tata Usaha Usaha

Hal ini lantas diwujudkan tuntas berbagai materi pelatihan dengan memang didesain untuk merebut tujuan pelatihan tersebut. Pangkalpinang – Sebanyak 30 pengatur usaha mengikuti pelatihan tata usaha pemasaran angkatan I pada Balatkop UMKM Dinas KUKM Prov Kep Babel, Senin (5/8/19). Pelatihan ini berhajat untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam memasarkan komoditas yang dimilikinya. Sebulan dan kemudian kami mendapat undangan dibanding Program Nasional Pemberdayaan Bebas Pedesaan (PNPM-MPd) untuk melepaskan pelatihan manajemen usaha mungil. Fasilitator kabupaten Pak Penilik, memberikan kesempatan untuk turut serta dalam program pemberdayakan masyarakat. Bersama K Bahrul, K tya, dan K Maryam, kegiatan pelatihan itu diadakan dari tangal 11 – 14 Desember 2013.

Tidak jarang usaha hanya dijalankan secara mengandalkan insting dan kepandaian saja. Aspek-aspek manajemen usaha yang meliputi perencanaan bisnis, pengorganisasian, implementasi, dan penguasaan usaha menjadi sesuatu nun jarang diperhatikan. Oleh karena itu, Dosen STTKD memberikan pelatihan manajemen usaha agar para ibu-ibu di Pedukuhan Saman siap mengelola usaha kecilnya lebih baik. Secara garis besar, wujud dari program pelatihan ini adalah untuk memberikan pengertian dan meningkatkan penguasaan para peserta dalam bidang uang, yang meliputi proses perencanaan, penganggaran, hingga pengendalian keuangan organisasi maupun perusahaan. Dengan demikian, perusahaan pun dapat mengimplementasikan proses penganggaran hingga pelaporan yang sesuai, dengan pastinya juga akan mengambil hati hasil laporan dari usaha audit laporan keuangan.

Kegiatan pelatihan dilakukan dengan metode ceramah, tutorial dan pembicaraan dimana ibu-ibu Pedukuhan Sangkaan diberikan materi mengenai tata laksana pembukuan dan manajemen pasaran, serta latihan kasus. Lantas selama kurang lebih homo bulan para ibu-ibu diminta untuk mempraktekkan hasil penelaahan dari pelatihan yang telah diberikan pada usaha kecilnya masing-masing. Kemudian, para tutor STTKD melakukan monitoring dan evaluasi dari hasil praktek yang telah dilakukan. Hasilnya beberapa ibu-ibu mulai mengerti bagaimana melakukan pembukuan & kontrol hasil usahanya. Sebagai bagian dari kegiatan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Medan Dirgantara di Pedukuhan Tudingan, Sewon, Bantul, Dosen STTKD memberikan pelatihan manajemen jual beli kepada para ibu-ibu Pedukuhan Saman yang memiliki jual beli kecil. Banyak pelaku usaha kecil yang mengelola usahanya tanpa memiliki dasar pengetahuan maupun ketrampilan mengenai manajemen usaha dan manajemen per-ekonomian yang baik.

Peserta dan sasaran daripada Kegiatan Pemberdayaan Potensi Jual beli Ekonomi Perempuan ini adalah 425 orang perempuan tangkapan KDRT, Kepala Keluarga Perempuan, dan Perempuan Rentan Per-ekonomian usia produktif warga Kota Semarang. Diharapkan dengan diberdayakannya potensi usaha ekonomi 425 peserta melalui peningkatan ketrampilan dan pengetahuan yang dapat dijadikan sarana usaha ekonomi sehingga dapat memenuhi kehendak ekonomi dan meningkatnya mutu sosial ekonomi mereka.

Rencananya acara Diklat Wawasan dan Ketrampilan Manajemen Usaha Bagi UMKM se-DIY ini berlangsung selama enam perian, yakni dari tanggal 23 – 28 Oktober 2017. Diikuti sekitar 60 orang pelaku usaha mikro mungil dan menengah dari seputaran Yogyakarta, event pelatihan dagang ini menghadirkan konsultan dan praktisi UMKM dengan pelajaran yang sangat komplit.

Pada Kegiatan ini narasumber bermula dari Kepala Dinas P3A Kota Semarang / Juru tulis Dinas P3A Kota Semarang, Ketua TP PKK Kota Semarang / Kepala Bidang PKHP dan Keluarga Kantor P3A Kota Semarang dan Akademisi. Sedangkan untuk pelatih berasal dari beberapa Pembahasan atau Kelompok Usaha nun menguasai dibidangnya sesuai beserta pelatihan yang direncanakan dan manajemen usaha dengan materi Manajemen Usaha Sederhana.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>